-->
MASIGNCLEAN101

Windows vs Linux: Kelebihan dan Keunggulan dari Berbagai Segi

Bantu Klik Subscribe Teman-teman!
Windows vs Linux: Keunggulan dari Berbagai Segi - Selama beberapa dekade, perang rahasia telah berkecamuk, bertempur di kantor belakang dan departemen TI di seluruh dunia. Tim telah robek dan saudara telah berbalik melawan saudara, didorong terpisah oleh bentrokan ideologis yang tampak setua waktu itu sendiri: yang lebih baik, Windows atau Linux?

Kelebihan dan Kekurangan Windows dan Linux - Kedua belah pihak sering kali kukuh berkomitmen pada platform yang mereka sukai, mengambil kesempatan apa pun untuk menahan kegagalan mitranya atas orang-orang yang dianggap bidah yang memiliki keberanian untuk menyatakan bahwa sistem operasi pilihan mereka kurang dari sempurna.

Perbedaan Linux dan Windows

Perbedaan Windows dan Linux - Tentu saja, seperti halnya konflik ideologis, kenyataannya jauh lebih sedikit hitam dan putih. Kenyataannya, Linux dan Windows memiliki kelebihan dan kekurangan, dan keduanya unggul di area di mana yang lain jatuh agak

Sebagai contoh, meskipun Linux (secara umum) lebih aman daripada Windows, siapa pun yang menghabiskan waktu untuk memecahkan masalah Linux akan setuju bahwa sulit untuk membantah bahwa Windows memiliki kelebihan dalam hal kemudahan-pengguna.

Pada akhirnya, Linux dan Windows hanyalah alat; alat yang digunakan oleh profesional TI untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Dengan mengingat hal tersebut, penting untuk menyisihkan tribalisme dan dedikasi yang dicelup-in-the-wool ke satu jenis perangkat lunak tertentu untuk melihat secara obyektif yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan khusus Anda.

Kami menyelam jauh ke dalam sejarah keduanya dan membobot pro dan kontra untuk membantu Anda memutuskan. Terus membaca untuk mengetahui OS yang tepat untuk Anda - Windows atau Linux?

1. Windows vs Linux: Sejarah

Versi pertama Windows, 1.0, dirilis pada tahun 1985, dua tahun setelah Bill Gates mendirikan Microsoft. Itu berlari dari MS-DOS, yang meluncurkan Manajer Program untuk menjalankan aplikasi.

Dua tahun setelah versi pertama Windows diluncurkan, Gates meluncurkan versi sistem operasi berikutnya, Windows 2.0, dengan iterasi ketiga, peluncuran Microsoft Windows / 386 di tahun yang sama. Pada saat Windows 1995 diluncurkan, Windows telah berevolusi menjadi sistem operasinya sendiri, menggunakan kernel 16-bit berbasis DOS dan 32-bit ruang pengguna untuk membuat pengalaman pengguna yang lebih kuat.

Bahkan, Windows 1995 adalah dasar dari apa yang telah menjadi Windows 10, memperkenalkan banyak fitur yang kami kenali saat ini, termasuk menu Start, taskbar dan Windows Explorer, yang kini telah berevolusi menjadi File Explorer. Windows ME, diluncurkan pada tahun 2000, adalah iterasi berbasis Windows terakhir dari DOS.

Platform ini telah mengalami evolusi cepat sejak bermigrasi menjauh dari DOS, dengan beberapa versi terbukti jauh lebih berhasil daripada yang lain.
Linux pertama kali didistribusikan di bawah GNU General Public License pada tahun 1992.

2. Windows vs Linux: Perangkat lunak dan kompatibilitas

Sebagian besar aplikasi dirancang untuk ditulis untuk Windows. Anda akan menemukan beberapa versi Linux yang kompatibel, tetapi hanya untuk perangkat lunak yang sangat populer. Sebenarnya, adalah sebagian besar program Windows tidak tersedia untuk Linux.

Banyak orang yang memiliki sistem Linux malah memasang alternatif sumber terbuka gratis. Ada aplikasi untuk hampir semua program yang dapat Anda pikirkan. Jika ini tidak terjadi, maka program seperti WINE atau VM dapat menjalankan perangkat lunak Windows di Linux sebagai gantinya.

Ada juga perbedaan dalam cara menginstal perangkat lunak Linux dibandingkan dengan Windows. Di Windows Anda mengunduh dan menjalankan file yang dapat dieksekusi (.exe). Di Linux, sebagian besar program diinstal dari repositori perangkat lunak yang terkait dengan distro tertentu.

Instalasi di Linux dilakukan dengan mengetikkan perintah apt-get dari baris perintah. Seorang manajer paket menangani ini dengan melapis antarmuka pengguna grafis di atas mekanisme mengetik yang berantakan dalam kombinasi kata dan perintah yang tepat. Ini dalam banyak hal merupakan pendahulu dari toko aplikasi perangkat seluler.

Tampilan Sistem Operasi Linux

3. Windows vs Linux: Keamanan

Keamanan adalah landasan OS Linux, dan salah satu alasan utama untuk popularitasnya di kalangan komunitas TI. Reputasi ini sangat layak, dan berasal dari sejumlah faktor yang berkontribusi.

Salah satu cara paling efektif untuk mengamankan sistem Linux adalah melalui hak istimewa. Linux tidak memberikan administrator penuh - atau 'root' - akses ke akun pengguna secara default, sedangkan Windows tidak. Sebaliknya, akun biasanya lebih rendah tingkatnya, dan tidak memiliki hak istimewa dalam sistem yang lebih luas.

4. Windows vs Linux: Kinerja

OS Microsoft di mana-mana dapat disebut banyak hal, tetapi 'ringan dan cepat' bukan salah satunya. Windows memiliki kecenderungan yang buruk terhadap kembung dan kelesuan, dan dapat dengan cepat merasa ketinggalan jaman jika tidak dirawat dengan benar.

Linux jauh lebih cepat, secara keseluruhan. OS itu sendiri kurang menuntut, dan banyak distro mengorbankan setiap lonceng dan peluit visual untuk memastikan bahwa kinerja adalah yang terbaik yang dapat dilakukan. Memilih salah satu dari build ini bisa menjadi cara yang sangat baik untuk mengembalikan laptop lama yang sakit ke kecepatan semula.

Tampilan Sistem Operasi Windows

5. Windows vs Linux: Dukungan

Karena dibuat dan dikelola oleh komunitas penggemar yang bersemangat, Linux memiliki banyak sekali informasi untuk kembali, dalam bentuk kiat, trik, forum, dan tutorial dari pengguna dan pengembang lain.

Namun, itu agak terfragmentasi dan berantakan, dengan sedikit di jalan yang komprehensif, struktur pendukung yang kohesif untuk banyak distro. Sebaliknya, siapa pun yang memiliki masalah sering harus menantang padang gurun Google untuk menemukan pengguna lain dengan jawabannya.

Microsoft jauh lebih baik dalam menyusun sumber dayanya. Meskipun tidak memiliki cukup banyak informasi mentah yang tersedia tentang Linux, itu memastikan bahwa dokumen bantuan yang dimilikinya relatif jelas dan mudah diakses.

Ada juga jaringan forum dan tutorial Windows yang serupa jika bantuan resmi tidak membantu Anda.

Oke sekian dari artikel keunggulan dan kelebihan dari sistem operasi windows dan linux. Jika bermanfaat mohon tinggalkan komentar anda. Terima kasih.

Bantu Klik Subscribe Teman-teman!
Share This :

iWasOtaku

Seorang Blogger Yang Menyukai Hal Tentang Budaya Jepang

Syarat & Ketentuan Berkomentar

1. Jangan cantukan link mati maupun hidup
2. Gunakan bahasa yang dapat dimengerti
3. Jangan spam link
4. Koment yang relevan sesuai dengan topik yang di bahas
5. Jangan copy psate artikel, jika ingin dihargai maka hargailah orang