-->
MASIGNCLEAN101

10 Pengertian dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer Beserta Gambarnya Lengkap

Bantu Klik Subscribe Teman-teman!

10 Pengertian dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer Beserta Gambarnya
10 Pengertian dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer Beserta Gambarnya Lengkap - Dalam membangun sebuah jaringan komputer yang baik dibutuhkan berbagai perangkat, baik perangkat keras biasa disebut "Hardware" maupun perangkat lunak biasa disebut "Software". Perangkat ini digunakan sebagai pendukung jalannya pengiriman dan memungkinkan seseorang untuk dapat bekerja secara online. Atas dasar inilah keberadaan hardware dan software sangat penting sebagai jembatan komputer dengan jaringan sangat diperlukan.

Inilah 10 Perangkat Jaringan Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya:

1. Komputer Server
Komputer Server

Server merupakan sebuah komputer yang berisi sistem operasi, program aplikasi, dan data base. Komputer ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada komputer-komputer client dalam suatu jaringan. Di dalam komputer server, terdapat data base yang dapat digunakan bersama-sama oleh komputer client. Pada umumnya perbedaan antara server dan komputer lainnya lebih terletak pada software, Server sering menjadi host untuk mengontrol Hardware yang akan dibagikan pada workstation.

2. Client
Client

Client adalah komputer yang digunakan untuk mengolah database yang diambl dari komputer server. Komputer ini berperan sebagai pengguna layanan jaringan yang kinerjanya dibatasi oleh komputer server.

3. LAN Card
LAN Card

LAN Card adalah kartu jaringan yang berupa papan eletronik dipasang pada setiap komputer yang terhbuung pada sebuah jaringan baik server maupun client. Pada era modern ini banyak sekali terdapat jenis kartu jaringan yang beredar di pasar-pasar. Beberapa hal yang perlu diketahui dari kartu jaringan ialah tipe kartu, jenis protokol, dan tipe kabel sebagai pendukung.

4. Hub
Hub

Hub adalah suatu perangkat yang bertugas untuk menghubungkan komputer server ke beberapa komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan (Topologi Star). Selain sebagai pemusat koneksi, Hub berfungsi sebagai penguat sinyal. Komputer yang terhubung dengan Hub akan melakukan pertukaran data secara bergantian. Hub digunakan untuk menghubungkan banyak peralatan pada jaringan komputer yang sama. Contohnya: Hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari beberapa client yang akan dihubungkan ke server. Biasanya Hub memiliki lubang port untuk konektor RJ-45 sebanyak 4 buah, 8 buah, 16 buah dan tergantung dari jenisnya

5. Kabel dan konektor
Kabel dan konektor

Kabel dan konektor bertugas untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam satu jaringan. Dalam jaringan komputer, kabel berfungsi sebagai media penghantar sinyal. Terdapat beberapa jenis kabel yang dapat digunakan, setiap kabel memiliki kemampuan serta spesifikasi yang berbeda. Kabel-kabel tersebut harus dipasang pada konektor yang sesuai agar dapat dihubungkan dengan ethernet card. Contohnya: kabel beserta konektornya ialah Coaxial dengan konektor BNC dan kabel UTP dengan konektor RJ-45.

6. Repeater
Repeater
Repeater hampir mirip dengan Hub. Perangkat ini merupakan alat sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya. Kabel yang digunakan oleh perangkat ini ialah kabel berukuran panjang. Cara kerja Repeater ialah menerima sinyal dari kabel sebelumnya dan dipancarkan kembali ke kabel berikutnya dengan kekuatan sinyal penuh seperti semula.

7. Bridge
Bridge
Bridge berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah, baik sama maupun berbeda. Contohnya, menghubungkan media jaringan yang tidak sama pada kabel UTP dan kabel fiberoptic. Selain itu, bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua bagian dapat terhubung satu sama lainnya dan menjadi jaringan yang lebih besar. Bridge membedakan satu unit jaringan dengan untik jaringan lainnya sehingga proses data tertata dengan baik.

8. Router
Router
Router berfungsi sebagai penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan ini dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Router juga digunakan sebagai media penghubung antar beberapa jaringan yang memiliki ID berbeda, Selain itu juga mudah dalam mengkonfigurasikannya, router juga memiliki kemampuan untuk memilih jalur alternatif yang lebih baik. Apabila salah satu jalan menuju tempat tujuan terputuas karena suatu hal, Router mampu melanjutkan dengan memilih jalur lain.

9. Gateway
Gateway

Gateway berfungsi untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan lain yang menggunakan protokol komunikasi berbeda. Dengan bantuan perangkat ini informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Istilah lainnya ialah menjembatani dua jaringan tidak kompatibel sehingga data dapat ditrnsger antar komputer yang berbeda. Salah satu penggunaan gateway ialah untuk e-mail, pertukaran pesan pada sistem yang berbeda.

10. Modem
Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang bertugas untuk mengubah sinyal informasi digital ke dalam sinyal pembawa carrier dan kemudian dikirimkan. Sementara itu, demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa sehingga dapat diterima dengan baik. Secara sederhanya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya begitu. Melalui komputer modem dapat melakukan koneksi dengan internet dengan saluran telepon. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis Yaitu modem dial-up, kabel, dan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line).
Sekian dan terima kasih dari artikel saya yang berjudul 10 Pengertian dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer Beserta Gambarnya Lengkap. Jika ada kekurangan kata mohon maaf dan mohon untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah berkunjung. Nantikan lagi artikel selanjutnya.
Bantu Klik Subscribe Teman-teman!
Share This :

iWasOtaku

Seorang Blogger Yang Menyukai Hal Tentang Budaya Jepang

Syarat & Ketentuan Berkomentar

1. Jangan cantukan link mati maupun hidup
2. Gunakan bahasa yang dapat dimengerti
3. Jangan spam link
4. Koment yang relevan sesuai dengan topik yang di bahas
5. Jangan copy psate artikel, jika ingin dihargai maka hargailah orang